Kamis, 19 Oktober 2017

Gejala Penyakit Lyme (Kelelahan Otak)

Sulit dipercaya bahwa sudah tiga tahun sejak saya terbangun dalam tubuh yang sama sekali berbeda. Tubuh yang menjadi milik saya, tapi tidak mengenal saya. Tubuh yang mengerti apa yang seharusnya dilakukan, tapi tidak bisa mengingat bagaimana melakukannya. Tubuh yang sehat dari sakit sampai semalam.

Saya terbangun pada hari Minggu pagi bersiap untuk membaca hari saya (saya berada di sekolah pascasarjana) dan memasukkan beberapa barang dari daftar tugas akhir pekan saya. Namun, otak saya punya rencana lain. Saat aku berjalan ke kamar mandi, tiba-tiba semuanya menjadi kosong. Saya tidak ingat apa yang sedang saya lakukan di sana. Apakah aku akan menyikat gigiku? Apakah saya perlu menggunakan kamar mandi? Haruskah saya mencuci muka? Sikat gigi saya tampak seperti benda asing. Saya menyadari bahwa saya telah menyalakan keran, tapi tidak dapat mengingat mengapa. Toiletnya tidak memerah, jadi apakah saya sudah menggunakannya? Aku mulai berkeringat deras.
Gejala Penyakit Lyme (Kelelahan Otak)

Aku mencoba menyingkirkan apa yang kupikirkan adalah kabut otak karena tertidur. Berjalan di lantai bawah, aku merasakan jantungku berdegup kencang, berdebar keras sehingga aku bisa mendengarnya. Dadaku kencang dan sulit bernafas. Lengan dan tanganku kesemutan dan kebas. Penglihatanku kabur.

Untuk sisa hari itu, semua yang saya coba lakukan adalah sebuah perjuangan. Bukan saja aku tidak fokus, tapi mengingat bagaimana melakukan tugas dasar sepertinya tidak mungkin. Tanpa sengaja saya mematikan kompor setelah membuat sup, dan lupa mematikan wastafel setelah mencuci tangan. Jantungku berdegup kencang, aku menelponnya semalam dan berharap aku merasa seperti diriku di pagi hari.

Tapi keesokan harinya, aku terbangun mendengar detak jantungku sendiri. Itu adalah beat berdenyut keras yang baru saja saya alami setelah lama berjalan. Mayatku meneriakiku sekarang, marah karena aku tidak menganggapnya serius kemarin, dan memperingatkanku bahwa ada sesuatu yang sangat, sangat salah.

Aku menelepon ibuku dan langsung menangis. Bagaimana Anda menjelaskan bahwa otak Anda terasa seperti bubur dan tubuh Anda tidak dapat mengingat bagaimana fungsinya? Dia menghibur saya sebaik mungkin dan menyuruh saya pergi ke ruang gawat darurat jika gejala saya berlanjut. Saya orang yang keras kepala, tapi saya merasa cukup takut untuk masuk ke mobil dan langsung menuju rumah sakit.

Ketika saya tiba, saya ditempatkan di ruang triase dan terhubung ke monitor. EKG saya normal, tanda-tanda vital berada dalam jangkauan, dan tes darah terlihat baik-baik saja. Mereka mengatakan kepada saya bahwa saya "mungkin hanya mengalami dehidrasi," dan mengirim saya dengan cara saya yang menangis.

Beberapa minggu berikutnya adalah kabur. Aku menangis lebih dari seharusnya secara fisik mungkin. Apartemen saya segera tercakup dalam catatan Post-It yang mengingatkan saya bagaimana melakukan tugas sederhana. Saya merenung putus sekolah karena saya hampir tidak bisa membaca materi yang ditugaskan. Orangtuaku bergantian tinggal bersamaku. Hidupku bukan lagi milikku sendiri.

Selama waktu itu, saya melihat tiga dokter perawatan primer, ahli jantung, ahli saraf, ahli alergi, dan psikolog. Saya memiliki beberapa EKG dan memakai monitor holter; memiliki EEG untuk menilai fungsi otak saya; sebuah MRI untuk menyingkirkan multiple sclerosis; dan bahkan menyingkirkan semua alergen makanan potensial dari makanan saya. Setiap dokter mengatakan tidak ada yang salah dengan saya.

Diet baru saya membuat saya lapar dan bangkrut. Tagihan medis mulai menumpuk. Saya merasa dikalahkan, sendirian, dan yakin saya tidak akan pernah merasa lebih baik. Saya telah mencapai titik terendah, dan bahkan mendapati diri saya berpikir betapa mudahnya mengakhiri hidup saya. Aku menelepon ibuku dan mengatakan kepadanya bagaimana rasanya aku kehilangan akal. "Kami akan memikirkan ini," katanya pada saya. Aku mencoba yang terbaik untuk mempercayainya.

Hari-hari dan malam saya dihabiskan untuk mencari situs web medis dan papan pesan online untuk mendapatkan jawaban. Setiap kali saya mengetikkan gejala saya, kata-kata "penyakit Lyme" akan muncul. Aku mengabaikannya; Saya belum pernah melihat tanda centang pada saya , dan saya juga tidak mengembangkan ruam "bulls-eye" khas yang merupakan ciri khas penyakit yang ditularkan serangga. Tapi semakin banyak itu muncul di hasil pencarian saya, semakin saya penasaran. Saya memutuskan bahwa lain kali saya menemui dokter saya, saya akan meminta informasi tentang kondisinya.

Ternyata dokter yang berbeda pada praktik khusus merawat Lyme. Meskipun saya yakin itu akan menjadi jalan buntu, saya katakan kepadanya bahwa saya ingin diuji. Tidak ada uji penyakit Lyme yang cepat dan mudah  ; Dokter biasanya menggunakan tes darah dua langkah, ditambah peninjauan kembali gejala pasien, untuk mendiagnosis penyakit.

Saya diberi tahu bahwa butuh waktu hingga empat minggu untuk mencari tahu, jadi saya menunggu. Sementara itu, saya terbiasa dengan "normal baru saya". Orang tua saya membantu mengantarkan saya ke kelas, dan memastikan pintu depan saya terkunci dan semua peralatan dimatikan saat saya meninggalkan rumah. Profesor saya cukup berbaik hati memberi saya waktu tambahan untuk tugas saya, dan pacar saya sering check in untuk mengangkat semangat saya sebaik mungkin.

Empat minggu kemudian, saya menindaklanjuti janji temu saya. Ketika dokter mengatakan bahwa saya menderita penyakit Lyme, saya menangis-bukan karena saya takut, tapi karena akhirnya saya mendapat jawaban.

Saya diberi antibiotik setiap hari selama beberapa bulan. Perlahan, saya merasa lebih baik. Saya bisa membaca, bisa mengingat nama dan tempat, dan penglihatan saya kembali normal. Saya bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kehabisan napas. Aku mulai mengenal diriku lagi.

Hari ini, saya tidak lagi menggunakan antibiotik, tapi saya masih belum 100%.  Saya mengalami jantung berdebar-debar yang terkadang berlama-lama berhari-hari, dan saya sering sangat lelah, bahkan setelah tidur nyenyak. Tapi saya telah menempuh perjalanan jauh dalam mengelola gejala dengan olahraga sehari-hari dan diet sehat. Saya belajar dengan cara yang sulit bahwa alkohol hanya memperparah gejala saya, dan yang terbaik adalah menghindarinya. Saya mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saya, tidur selama sembilan jam semalam, dan sering tidur siang pada siang hari untuk menjaga energi saya.

Menyebarkan kesadaran tentang penyakit ini sangat penting untuk membantu orang yang hilang, seperti saya, untuk didiagnosis. Saya diberitahu bahwa saya tidak mungkin memiliki Lyme karena saya tidak pergi hiking dan tidak tinggal di hutan. Tapi orang-orang yang menyuruh saya untuk terus berjuang untuk mendapatkan jawaban memberi saya harapan suatu hari nanti saya akan menemukannya, dan saya melakukannya.

Post By : Ratunya Herbal

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.